Halaman

Rabu, 06 Juni 2012

cara Instant Leadership

Seorang pemimpin harus mempunyai

 

1.Karisma

 Kita semua pernah berhadapan dengan orang yang berkarisma, bukan ?

Para manajer yang telah menjalani operasi by-pass karisma bahkan tidSak manyadarinya.karisma merupakn ciri dasar seorang pemimpin yang berhasi dan tidak mudah belajar menjadi karismatis .Kendati demikian ada sejumlah sifat orang karismatis yang mudah dipelajari.Kuasailah beberapa diantaranya, bertindklah seprti seorang yang karismatik ,berperasaan sebagai seorang karismatis,usahakan agar anda dipandang punya karisma dan hampir-hampir terasa ,anda akhirnya menjelma menjadi seorang yang karismatis. Orang berkarisma selalu menatap mata lawan bicaranya .banyak orang yang tidak bisa bertatap mata akan menemui kesulitan melakukannya .mereka akan membuang pandang atau menutup mata tanpa sadar.kalau anda tidak melihat reaksi bola mata lawan bicara anda sewaktu bercakap-cakap dengannya ,maka anda belum menatap matanya.kalau anda merasa canggung melakukannya dengan orang yang belum dikenal ,latihlah dengan kenalan anda dan baru setelah itu mencobanya pada orang lain.

 

2.  Menjadi sumber Inspirasi

Menjadi sumber Inspirasi jauh lebih sulit dari pada menjadi orang yang berkarisma. tentu saja orang berkarisma cenderung menjadi sumber Ilham,namun ini saja belumlah memadai .apa saja faktor-faktor yang menyebabkan orang memperoleh inspirasi dari anda? Kualitas ini nilainya tak terhingga bila dikemas dalam botol.Satu kunci yang jelas dan kerap diabaikan untuk menjadi sebuah inspirasi adalah menguasai bidang pekerjaan anda.tak ada yang mampu menjadi sumber inspirasi sedemikian baik kecuali seorang tokoh teladan.

 

3. Kompetensi Teknis

Ada dua aliran pemikiran yang saling bertentangan perlunya seorang pemimpin menguasai kompetensi teknis . yang satu mengatakan bahwa nada harus lebih baik dibandingkan karyawan dalam pekerjaan yang sama , dan yang lain mengatakan bahwa pimpinan tidak perlu melaksanakan pekerjaan karyawannya.

 

4. Perhatikan kakiku bukan bibirku

Telah saya tekankan dan akan saya ulangi bahwa apa yang anda kerjakan lebih penting dari pada yang anda ucapkan. tak peduli justifikasi pragmatik apapun sutu tindakan anda yang bertentangan  dengan kepercayaan yang anda nyatakan keorang lain ,tindakanlah yang akan dinilai orang , bukan kata-kata. hanya dengan tergelincir sekali saja, kerja keras anda buyar begitu saja .Jadi , nasihat utamanya adalah jangan sampai tergelincir. anda tak akan sanggup menanggung akibatnya.


5. Mengenal Pesaing anda

Informasi merupakan kekusaan .Dengan sumber daya informasi yang anda kuasai ,anda dapat menjadi individu yang amat berkuasa,kalaupun anda tidak menguasainya , ada dua alasannya .pertama, anda tidak mau bersusah payah mengumpulkan informasi yang sesungguhnya anda dapat peroleh. Kedua , anda sudah tahu apa yang tidak tersedia . anda harus menerima kenyataan bahwa informasiynag tersedia jauh lebih banyak jumlahnya daripada yang diperkirakan sebelumnya.seorang pemimpin yang tidak mengikuti perkembangan akan kehilangan penghormatan orang.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar