Halaman

Selasa, 26 Februari 2013

Takjubnya Pulau Komodo, Indonesiaku

Taman Nasinal Komodo yang terkenal dengan habitat komodo-nya, ternyata mempunyai keindahan dan pesona lainnya. Taman nasional Komodo yang terdiri dari tiga pulau besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil, yang fungsinya untuk melindungi komodo dan habitatnya, juga terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan Asia dan hewan Australia. Di Taman Nasional Komodo tersebut terdapat 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia.
Kawasan Taman Nasional Komodo ini juga terdapat terumbu karang. 385 spesies karang di bawah air yang indah, hutan bakau, dan rumput laut sebagai rumah bagi ribuan jenis ikan, 70 jenis spons, 10 jenis lumba-lumba, 6 jenis paus, penyu hijau dan berbagai jenis hiu dan ikan pari, akan menambah keindahan dan pesona Taman Nasional Komodo.


Keindahan Pulau Komodo memang sudah mendunia. Tidak hanya terkenal sebagai habitat Komodo, alam bawah lautnya juga seringkali mengundang wisatawan untuk ber-diving ria. Mau? Pulau Komodo masuk dalam kawasan taman nasional di paling ujung barat Nusa Tenggara Timur. Keindahan pulau ini sudah terkenal seantero nusantara. Tidak hanya sebagai tempat hidup hewan purba, keindahan bawah laut komodo juga banyak sekali menyimpan keindahan. Bahkan, dunia juga menyatakan bahwa laut di Pulau Komodo menjadi salah satu spot penyelaman yang bagus.
Lautnya yang jernih, terumbu karang yang berwarna-warni, dan kekayaan biota laut, itulah yang akan Anda temui di bawah lautnya. Lokasi yang juga menjadi salah satu dari tujuh keajaiban versi New7wonders ini juga memiliki alternatif pilihan wisata lain, seperti hiking, snorkeling atau sekadar duduk santai di pinggir pantai.

Nah, wisatawan yang berada di Jakarta dan ingin menuju Pulau Komodo, harus transit di Denpasar, Bali. Kemudian kembali melanjutkan perjalanan menggunakan pesawat Trigana Air atau Merpati ke Bandar Udara Komodo di Labuan Bajo. Banyaknya informasi membuat pulau ini sangat terkenal dikalangan wisatawan asing. Makannya, jangan heran bila Anda sering melihat turis asing yang wara-wiri di pulau ini.


disini banyak nama untuk komodo yang tinggal disini loh !
 Komodo yang dikenal dengan nama ilmiah Varanus komodoensis adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Oleh penduduk setempat, komodo kerap disebut Ora.



Termasuk anggota famili biawak Varanidae, dan klad Toxicofera, komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 m. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil. Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup.

Untuk mencapai tempat ini bisa dilakukan lewat jalan Lewat darat melalui Bali - Mataram (P. Lombok) – Bima - Sape (P. Sumbawa), kemudian diteruskan dengan perjalanan menggunakan kapal feri setiap hari menuju Labuan Bajo. Dari Labuan Bajo pengunjung dapat berkunjung ke Taman Nasional Komodo menggunakan kapal boat atau speedboat. Alternative lain adalah melalui udara, pengunjung dapat menggunakan transportasi udara dari Bali (Denpasar) menuju Labuan Bajo setiap hari dengan maskapai penerpangan yang ada diantaranya; Indonesian Air Transport (IAT), Merpati, dan Trigana Air.
Inilah Indonesiaku ,,,,saya bangga menjadi warga negara Indonesia ,,, I LOVE INDONESIA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar