Halaman

Kamis, 07 Maret 2019

JALAN JALAN KE RANGGON HILSS, GUNUNG SALAK ENDAH

Hallo semuanya apa kabar ..kali ini blog ini akan memberikan informasi bagi yang suka traveling . kali ini saya akan mengulas tempat wisata yang dekat dari jakarta yaitu didaerah bogor. Karena Akhir-akhir ini, wisata alam pegunungan dan perbukitan dengan hamparan pemandangan yang luas nampaknya sedang menjadi primadona untuk dijadikan background foto dan selfie anak-anak muda. Bogor yang dikelilingi oleh bukit-bukit yang cantik tentu saja tidak ingin ketinggalan dari kota lain. Beberapa lokasi di Bogor telah mengadopsi konsep wisata alam sekaligus spot foto seperti itu misalnya Puncak Mustika Manik, Bukit Alesano, Bukit Bintang, Rumah Pohon Pabangbon.
Dan Ranggon, adalah salah satu destinasi yang juga mengadopsi tren tersebut .Ranggon Hills atau bukit Ranggon memang termasuk wisata yang baru namun masih mengusung nuansa mainstream karena dikonsep dengan gaya wisata ala Lodge Maribaya atau Pinus Kragilan di Magelang


Tempat ini menyajikan panorama pegunungan dengan spot selfie berupa Rumah Pohon, Jembatan Pohon, dan yang paling difavoritkan adalah berupa bangku dan meja terbang. Lokasi Ranggon Hills yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak memang sangat asri. Selain spot-spot selfienya instagramable, pengunjung juga akan merasa krasan karena udara yang begitu sejuk. Jadi meski konsep wisata di Ranggon Hills ini mainstream namun suasana yang didapat tentu saja berbeda karena berada di kawasan taman nasional. Dari lokasi Ranggon Hills kita bisa melihat lanskap dataran rendah kabupaten Bogor dengan hamparan hijau serta pegunungan yang berpunuk-punuk.
Ranggon Hills Leuwiliang terletak di dalam area obyek wisata Gunung Salak Endah yang juga melingkupi wisata alam Curug Pangeran. Ranggon Hills selain menawarkan panorama alam berupa hamparan perbukitan dan pepohonan menghijau yang menyegarkan mata dan hati, pengunjung pun dapat melakukan aksi selfie di beberapa spot menarik dan menantang yang semuanya berada di ketinggian tertentu.
Meniru konsep serupa seperti di Kalibiru Jogya atau Maribaya, Ranggon Hills Leuwiliang pun memiliki rumah pohon, sepeda melayang, ayunan langit dan masih banyak lagi. Wahana berupa sebuah meja makan yang seakan-akan melayang di atas hamparan pohon-pohon tinggi menjulang sangat menarik untuk dicoba sebagai spot foto untuk dipasang di Instagram. Ada pula ayunan dari jalinan akar-akar pohon, perahu dan bunga matahari mekar yang harus dijajal. Kendati belum lama dibuka untuk umum, Ranggon Hills Leuwilang sudah cukup populer di kalangan kalangan muda dan hampir menyamai Curug Pangeran yang lebih dulu hits. ini sudah menjadi sebuah kawasan wisata yang tentu saja dikejar oleh para generasi milenial yang menyukai wisata alam kekinian.




Tertarik berlibur ke Ranggon Hills? Ada baiknya berkunjung saat jam masih pagi sekitar jam 8 dan hari weekdays agar bisa memperoleh hasil jepretan terbaik dan juga menghindari antrian panjang.

POPULER DARI MULUT KE MULUT


Destinasi ini mencapai puncak popularitasnya pada musim liburan 2017.  Ketika banyak orang berkunjung selain untuk menikmati segarnya udara pegunungan, angin sepoi-sepoi dan pemandangan alam yang begitu indah.
Namun juga untuk mengambil gambar karena tebaran pemandangan indah menghijau dan rumah-rumah kecil dari atas ketinggian memang mempesona. Ranggon Hills mampu populer berkat promosi dari mulut ke mulut.
Dan justru sangat efektif.  Terlebih karena adanya pembuktian melalui gambar-gambar apik yang dishare melalui media sosial.


LOKASI RANGGON HILLS BOGOR

Alamat Ranggon Hills yaitu di kawasan wisata Taman Nasional Gunung Salak Endah, tepatnya di Gunung Picung, Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Letak wisata ini sebenarnya tidak begitu jauh dari lokasi wisata lain yang tidak kalah indah, yaitu Curug Pangeran dan Curug Ngumpet.


Cukup banyak juga pencari di Google Search yang mencari lokasi Ranggon Hills Leuwiliang.  Sebenarnya jarak antar dua lokasi tersebut terpisah sekitar 21 kilo meter atau menempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Rute Menuju Ranggon Hills Bogor

Wisata baru di Bogor ini sangat mudah ditemukan karena tak jauh dari jalan utama Jalan Raya Gunung Salak Endah. Alamat Ranggon Hills tepatnya di Gunung Picung Pamijahan Nogor dan jika kamu pernah berkunjung ke Curug Pangeran maka lokasinya ta jauh dari situ.
Untuk rute Ranggon Hills jika kamu dari arah Kota Bogor langsung arahkan saja menuju Tenjolaya lewat Cikampak. Setelah melalui Terminal Segog ambil jalur kiri saat sampai di pertigaan. Kemudian ada pertiggaan lagi ambil kiri hingga lewat jalan Gunung Endah Salak, dari situ sudah banyak petunjuk. Rute Ranggon Hills bila dari Jakarta menggunakan kendaraan pribadi, exit di Tol Sentul Selatan kemudian masuk ke Bogor Outer Ring Road (BORR) sampai Kedung Badak. Setelah sampai di Persimpangan Yasmin (Lotte) langsung saja belokkan kendaraan ke arah kiri arah Kampus IPB Darmaga.
Perjalanan diteruskan sampai simpang Pasar Ciampea, terus saja sampai pertigaan menuju perumahan Puri Araya Ciampea. Lurus saja sebab untuk sampai di gerbang masuk TNGHS masih harus ditempuh jarak sekitar 15 km. Setelah sampai di gerbang masuk TNGHS, jalurnya berubah menjadi jalan berbatu dengan lubang di sana sini menuju Curug Pangeran. Dari Curug Pangeran, pintu masuk Ranggon Hills hanya berjarak 500 meter saja sebab keduanya memang masih dalam satu kawasan.
Sementara jika menggunakan kendaraan roda dua dari Parung maka setelah menjumpai pertigaan Yasmin langsung saja belok kanan untuk kemudian mengikuti rute yang sama di atas. Jarak Bogor ke Ranggon Hills kurang lebih 40 km dengan panorama di kanan kiri jalan yang asri menghijau dengan udara yang dingin sehingga perjalanan jauh pasti tak akan terasa.

Ranggon Hills Curug Pangeran

Bogor, selain dijuluki kota hujan, wilayah berhawa adem ini pun memiliki predikat lain sebagai Kota dengan Curug terbanyak di Jawa Barat. Obyek wisata berupa air terjun alami tersebut bisa dijumpai di sekitaran Gunung Salak, salah satunya adalah Curug Pangeran.

Nah, Curug Pangeran ini letaknya berdekatan dengan Ranggon Hills. Karena itu tak ada salahnya bila berencana berlibur seru di Ranggon Hills jangan lupa juga ke Curug Pangeran. Di Curug Pangeran pun ditawarkan spot foto kekinian layaknya Ranggon Hills meski tak banyak.
Salah satunya adalah spot gardu pandang bagi para pengunjung yang sedang mencari spot foto keren. Tiket masuk Curug Pangeran hanya Rp.5.000 dan biaya parkir motor Rp.5.000 kemudian mobil Rp.10.000.

Harga Tiket Masuk Ranggon Hills

Berbagai spot foto menarik coba ditawarkan di Ranggon Hills mulai dari Perahu Bambu, Sarang Burung, Bunga Matahari, Rumah Pohon, ayunan langit, meja makan melayang, sepeda melayang, hingga gardu pandang. Kendati terkesan cukup berisiko, akan tetapi tenang saja sebab pengelola telah mengantisipasinya dengan menyediakan tali kait pengaman yang terpasang di tubuh pengunjung.
Jam buka Ranggon Hills mulai 8 pagi dan ditutup pada 5 sore setiap harinya. Sebelum masuk ke Ranggon Hills, pengunjung harus membayar tiket masuk ke obyek wisata Gunung Salak Endah sebesar Rp.30.000 per orang. Bila datang secara berombongan biasanya harga tiket lebih murah. Kemudian tiket masuk Ranggon Hills sebesar Rp.10.000 per orang.
Bila ingin menggunakan wahana sepeda terbang, pengunjung harus membayar lagi sebesar Rp.10.000 per orang atau naik balon udara dengan biaya Rp.5.000 per orang. Sementara untuk tarif parkir motor dikutip sebesar Rp.5.000.

3 komentar: