Halaman

Kamis, 13 Juni 2013

BaNdaRa-BanDara UdaRa TerBaik DiDuNia

Penghargaan Skytrax World Airport diberikan berdasarkan survei 12 juta penumpang pada 385 bandara berbeda, yang menilai pengalaman perjalanan berdasarkan 39 kriteria. Lalu bandara apa saja yang menjadi tempat ideal untuk singgah atau transit? Simak namanya di sini.

1. Bandara Zurich
 Zurich adalah kota terbesar di Swiss dan ibukota canton Zurich. Terletak di ujung barat laut Danau Zurich. Sementara kota itu sendiri memiliki sekitar 380.500 penduduk, ditambah dengan daerah metropolitan Zurich adalah daerah urbanisasi internasional menjadi berjumlah penduduk hampir 2 juta jiwa. Zurich memiliki jalur transportasi rel kereta api, jalan, dan lalu lintas udara. Baik Bandara Zurich dan stasiun kereta api disana adalah yang terbesar dan tersibuk di negara tersebut. Zürich adalah salah satu pusat pertemuan lalu lintas kereta api yang sangat menakjubkan, jalan bebas hambatan, dan pesawat terbang. Bandar Udara Internasional Zürich adalah bandara internasional di Zürich, Swiss dengan kode IATA ZRH dan kode ICAO LSZH.bandara internasional terbesar Switzerland ini dianugerahi "Pengiriman Bagasi Bandara Terbaik Dunia" oleh survei SKYTRAX.Bandara Zurich, Swiss, terletak 11 kilometer utara dari pusat kota Zurich. Bandara ini memiliki layanan porter di mana wisatawan membayar, dan porter akan membawa barang Anda hingga tujuan akhir.

2. Bandara Internasional Ibu Kota Beijing

Bandar Udara Internasional Ibu Kota Beijing (Hanzi sederhana: 北京首都国际机场Hanzi tradisional: 北京首都國際機場pinyin: Běijīng Shǒudū Guójì Jīchǎng) (IATA: PEKICAO: ZBAA) adalah bandar udara internasional di Beijing, Republik Rakyat Cina. Bandar udara ini dibuka pada 2 Maret 1958, dan merupakan bandar udara tersibuk kedua di dunia.Bandara Ibu Kota berlokasi di Distrik Chaoyang, 32 km (20 mil) timur laut dari pusat kota Beijing. Bandara ini dimiliki dan dioperasikan oleh Beijing Capital International Airport Company Limited, sebuah perusahaan yang dikontrol oleh pemerintah. Bandara Ibu Kota yang menjadi pusat operasi Air China, maskapai penerbangan nasional di Republik Rakyat Cina, yang terbang ke sekitar 120 tujuan (tidak termasuk kargo) dari Beijing. Hainan Airlines dan China Southern Airlines juga menggunakan bandara ini sebagai hub mereka. Saat ini, Bandara Ibu Kota memiliki tiga terminal: Terminal 1 melayani penerbangan domestik; Terminal 2 dan 3 melayani penerbangan internasional. Pada tahun 2012, bandara ini merupakan yang tersibuk kedua di dunia. Dibangun untuk Olimpiade 2008, terminal 3-nya merupakan gedung yang terbesar kelima di dunia.

 3. Bandara Schiphol Amsterdam

Bandara Udara Internasional Schiphol dengan kode IATA AMS dan ICAO EHAM adalah bandara utama di Belanda yang terletak di selatan Amsterdam, persisnya di gemeente Haarlemmermeer. Schiphol adalah salah satu dari bandara-bandara di Eropa yang bersaing menjadi pintu masuk utama ke benua tersebut bersama Bandara London Heathrow di London, Britania Raya; Bandara Internasional Frankfurt di Frankfurt am Main, Jerman; dan Bandara Internasional Charles de Gaulle di Paris (Roissy), Perancis. Pada 2004, Schiphol meraih urutan keempat di Eropa untuk jumlah penumpang sebesar 42.541.000 orang, setelah bandara-bandara tersebut.Schiphol dibangun sebagai 
sebuah terminal besar yang kemudian dibagi menjadi tiga bagian, yang terakhir selesai pada 1994. Rencana untuk ekspansi selanjutnya juga sudah muncul. Bandara ini memiliki lima landas pacu utama dan sebuah lagi untuk penerbangan lain. Landas pacu "kelima", yang sebenarnya keenam, selesai pada 2003 dan rencana untuk landasan ketujuh sudah ada.Bandara Schiphol merupakan pusat operasi KLM, Martinair, dan Transavia. Karena padatnya lalu lintas dan biaya yang tinggi, beberapa maskapai pindah ke bandara lain yang lebih kecil seperti di Groningen, Rotterdam, Eindhoven dan Maastricht. Bandara terbesar di Belanda ini memiliki berbagai pilihan wisata belanja, perpustakaan, galeri seni, bahkan pekuburan. Survei SKYTRAX mencatat bandara ini sebagai yang terbaik di Eropa.

4. Bandara Internasional Hong Kong

Bandar Udara Internasional Hong Kong (b. Inggris: Hong Kong International Airport atau HKIA) adalah bandara internasional yang melayani daerah Hong Kong, Republik Rakyat Cina dengan kode IATA HKG dan kode ICAO VHHH. Nama lain dari bandara ini adalah Bandara Chek Lap Kok.
Bandara ini terletak di pulau Chek Lap Kok dan sejak dibuka pada tahun 1998, menjadi salah satu pusat transit yang penting di dunia karena posisinya yang strategis. Bandara berkapasitas sebesar 45 juta penumpang dengan 3 juta ton kargo dan setelah landas pacu kedua dibuka pada Mei 1999, kapasitas meningkat menjadi 87 juta penumpang dan 9 juta ton kargo. Bandara yang menjadi pusat operasi Cathay Pacific, Dragonair, Air Hong Kong, CR Airways, dan Hong Kong Express ini mendapatkan penghargaan sebagai bandara terbaik dari majalah Skytrax selama lima tahun berturut-turut (2001-2005).Saat ini terdapat 2 buah landas pacu dengan panjang 3.800 meter dan selebar 60 meter. Nama landasan tersebut adalah 07L/25R dan 07R/25L yang berarti bisa juga dibedakan sebagai landasan utara dan selatan. Bandara utama Hong Kong merupakan yang tersibuk di dunia dalam hal lalu lintas kargo. Masuk ke dalam Top 5 dalam hal pilihan makanan, transit internasional, belanja, kebersihan, dan fasilitas rekreasi.

5. Bandara Changi Singapura
Bandar Udara Internasional Changi Singapura (bahasa Inggris: Singapore Changi Airport; IATA: SIN, ICAO: WSSS) adalah bandara internasional yang melayani Singapura. Bandara ini terletak di daerah Changi di bagian ujung timur pulau Singapura dan merupakan salah satu fasilitas penerbangan terbaik di Asia dan dunia. Bandara ini dikelola oleh Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS). Bandara Changi juga merupakan pangkalan Singapore Airlines, SilkAir, Valuair, dan Tiger Airways. Pada tahun 2004, jumlah penumpang di Changi sebanyak 30,4 juta orang dan kargo yang dilayani sebesar 1,78 juta ton. Hingga saat ini Bandara Changi memiliki dua terminal dan yang ketiga direncanakan dibuka pada 2008. Bandara utama Singapura telah memenangkan berbagai penghargaan sebagai bandara terbaik di dunia berkat pilihan wisata belanja, enam taman terbuka, gym, spa, dan bahkan tempat untuk beristirahat. Fasilitas rekreasinya dinobatkan yang terbaik di dunia oleh survei ini.

 




1 komentar: