Halaman

Kamis, 11 April 2019

Curug Pangeran Surga tersembunyi digunung salak endah

Hallo teman teman kali ini saya mau bahas tentang curug pangeran yang ada dibogor yaitu berada di gunuk salak endah,  yuk kita liat pembahasaanya.

Bogor merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang punya banyak curug. Mungkin adalah yang terbanyak. Curug yang ada di Bogor pun ada macam-macam. Mulai dari yang sudah sangat mainstream dan telah dikelolah sedemikian rupa sampai yang masih sepi pengunjung dan sangat misterius.
Salah satu curug yang masuk kategori sepi pengunjung adalah Curug Pangeran. Curug ini berada di Kecamatan Pamijahan dan berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Curug Pangeran tidaklah terlalu tinggi namun menawarkan pesona lain yang membuat kita buru-buru ingin kesana yakni airnya yang jernih, dingin dan segar. 
Curug Pangeran merupakan satu dari sekian banyak curug di Bogor yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Salak. Selain Curug Pangeran, masih banyak curug lain di Bogor yang lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Salak. Sebut saja Curug NgumpetCurug CigameaCurug Seribu dan beberapa curug lain yang mungkin masih anonim. Curug Pangeran sendiri tingginya tidak sampai 10 meter. Hanya sekitar 6 meter saja. Airnya terlihat sangat jernih dan bersih. Di bawahnya terbentuk sebuah kolam alami dengan kedalaman sekitar 2 meter. Tidak terlalu besar, namun cukup untuk berenang dan basah-basahan manja. Inilah salah satu alasan yang membawa traveler datang ke Curug Pangeran. 
Sementara di depan curug, kita akan menemukan pemandangan batu-batu alam yang berukuran cukup besar. Batu-batu tersebut terlihat berserakan di sungai yang menjadi aliran dari Curug Pangeran
Akses menuju lokasi Curug Pangeran sendiri tidaklah terlalu sulit. Kita hanya perlu berjalan sekitar 500 meter dari lokasi parkir untuk sampai ke lokasi air terjun. Track nya juga tidak berat-berat amat sehingga siapapun bisa datang ke sana.
Seperti yang sudah disinggung di atas, Curug Pangeran tidak menawarkan kemegahan dengan ketinggian yang dimiliki. Namun curug ini menawarkan kenyamanan dengan air jernih dan dingin yang dimilikinya. Berenang atau berendam menjadi aktivitas paling menarik untuk dilakukan di Curug Pangeran. Keberadaan kolam renang di bawahnya menjadi alasan kenapa kita harus mengunjungi curug yang satu ini.
Untuk kamu yang suka camping di alam terbuka, kamu juga bisa mendirikan tenda dan bermalam di sekitar Curug Pangeran karna di sana ada spot camping yang bisa menampung beberapa tenda. Sebenarnya, di sekitar Curug Pangeran sudah ada beberapa penginapan yang bisa kamu sewa jika ingin bermalam. Namun, camping sepertinya akan terasa lebih seru jika kamu datang ke Curug Pangeran bersama teman-teman.

Misteri Alam Gaib Pajajaran di Curug Pangeran


Mungkin sebagian masyarakat belum banyak yang tahu di balik keindahan alam yang tersaji di kawasan Curug Pangeran, dahulunya merupakan tempat patilasan seorang raden yang merupakan sahabat karib anak Prabu Siliwangi, Raden Kian Santang."Curug Pangeran, dulunya merupakan tempat patilasan seorang pangeran yang adalah temannya Raden Kian Santang, masih dari Kerajaan Pajajaran. Dan yang lebih mengejutkannya lagi, tidak sedikit dari warga sekitar curug pada setiap malam Jumat selalu mendengar segerombolan orang mandi dan memainkan musik tradisional Sunda yang menggema begitu jelas di sekitar kampung.
"Setiap malam Jumat, warga masih suka mendengar kerumunan orang yang sedang bermain degungan, jaipong, dan bunyi kereta kencana. Karena itu, nama curug itu dinamakan Curug Pangeran,meyakini bahwa air terjun tersebut memiliki khasiat yang sama seperti Curug Cigamea dan Curug Kondang. Warga sekitar air terjun  menuturkan, kepercayaan masyarakat sekitar adalah tentang khasiat air terjun, yang apabila ada seseorang susah jodoh dan mandi di sana, akan segera mendapatkan jodoh. "Aliran curug ini satu tempat, yakni dari Curug Pangeran, turun ke Curug Kondang, turun ke Curug Goa Lumut, dan terakhir ke Curug Cigamea. Semua itu satu aliran. Karena itu, Curug Pangeran memiliki khasiat yang sama seperti Curug Cigamea dan Curug Kondang," 

3 komentar:

  1. Oooo itu mitosnya kenapa dinamakan curug pangeran ..Keren min

    BalasHapus
  2. Kayaknya jauh min. .. Tapi cantik curugnya ... Mmmmm

    BalasHapus
  3. numpang share ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus