Halaman

Kamis, 11 April 2019

Kawah Putih Ciwidey Kecantikkan Alam yang Tidak Pernah Pudar

Haloo guys , indonesia dikenal dengan kecantikkan alamnya yang luarbiasa mempesona termasuk artikel yang saya bahas ini.

Kawah Putih ciwidey


Ingin merasakan liburan yang bernuansa seperti negeri dongeng? ada kok Datang saja ke objek wisata Kawah Putih ciwidey  Bandung. Sesuai dengan namanya, kamu akan mendapati pemandangan hamparan kawah berwarna putih yang sungguh menakjubkan. Kawah ini pun menyimpan cerita menarik di balik keberadaannya, baik itu penjelasan ilmiah maupun mitos.
wisata Kawah Putih ciwidey Bandung merupakan salah satu destinasi yang memiliki pesona pemandangan yang tak bisa dielakkan. Sangat cocok dikunjungi kalau kamu emang suka sama wisata yang berbau alam dan menantang .
Pemandangan yang dimiliki tempat wisata Kawah Putih ciwidey Bandung ini tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Kamu akan rugi kalau sedang berlibur ke tempat wisata Bandung, tapi tidak mengunjungi destinasi wisata alam satu ini. selain pemandangan alam yang indah kita juga bisa belajar tentang sejarah terjadinya kawah putih.
Kawah Putih Bandung adalah sebuah kawah yang dihasilkan dari letusan Gunung Patuha. Nama Kawah Putih merujuk pada tanah yang notabene berwarna putih. Warna putih tanah tersebut disebabkan oleh beberapa unsur yang bercampur dengan belerang. Yang unik dari kawah ini adalah air yang dimilikinya, dimana air di dalam kawah tidaklah berwarna bening melainkan berwarna putih kehijauan. Salah satu tempat wisata di bandung itu airnya dapat berubah ubah sesuai dengan kadar belerang, suhu, dan cuaca yang terjadi pada saat itu.
Kawah Putih Bandung terletak di dataran tinggi kawasan pegunungan yang berada kurang lebih 2.400 dpml. Karena berada di dataran yang tinggi inilah membuat suhu di kawah putih Bandung sangat dingin. Rata rata suhu di kawasan tersebut adalah 8 hingga 22 derajat celcius.
Karena keindahan dan keromantisan nya yang sangat mempesona, kawah ini kerap dijadikan background fotografi, film, melukis, dan juga pre wedding. Salah satu contoh film yang menjadikan kawah putih sebagai latar belakang adalah film “Heart” yang diperankan oleh Irwansyah, Acha Septriasa, dan Nirina Zubir.Pasti kalian tahu karena film itu sangat fenomenal. Tidak hanya sebagai ajang keromantisan, namun Kawah putih Bandung juga dijadikan ajang aktivitas menantang lainnya seperti hiking dan berkuda.
Setiap tempat wisata alam biasanya memiliki cerita sejarah yang melarbelakangi bagaimana terbentuknya. Baik itu proses terbentuk melalui sesuatu yang bisa dijelaskan secara ilmiah hingga legenda atau mitos yang sudah sangat melekat dan dipercayai oleh masyarakat setempat.
Tempat wisata Kawah Putih Bandung pun juga tak luput dari cerita semacam itu. Buat kamu yang ingin tahu sejarah Kawah Putih Ciwidey, kamu bisa baca informasinya berikut ini.Informasi berikut ini saya kutip dari informasi yang ada di kawah putih ciwidey bandung.

1. Terbentuk Akibat Letusan Gunung Patuha

Kawah Putih terbentuk pasca Gunung Patuha meletus dahsyat pada abad 10 dan abad 12. Kawah yang dikenal dengan Kawah Putih Ciwidey ini sebenarnya bernama Kawah Gunung Patuha.
Namun, naman Kawah Gunung Patuha tidak terlalu populer karena orang-orang justru mengenalinya dengan sebutan Kawah Putih. Kenapa begitu? Hal ini dikarenakan kawah ini memiliki air yang berwarna putih.
Gunung Patuha tidak hanya memiliki satu kawah saja yang kita kenal saat ini. Masih ada dua kawah lagi yang terletak di bagian barat. Namun, yang paling populer dan menjadi destinasi wisata alam adalah Kawah Putih.

2. Awal Mula Ditemukan

Pada awalnya, tempat ini tidak diketahui keberadaannya oleh masyarakat setempat. Karena masyarakat menganggap kalau lokasi ini merupakan kawasan yang sangat angker setelah mereka melihat setiap burung yang terbang melewatinya pasti mati.
Hingga pada akhirnya pada tahun 1987, ada seorang ahli bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang datang ke kawasan Gunung Patuha untuk keperluan penelitian. Saat berhasil sampai ke puncak gunung, ia melihat sebuah danau yang memiliki air yang berwarna sedikit hijau dengan semburan lava di atasnya dan bau belerang yang sangat menyengat.
Setelah penemuan ini, Pemerintah Belanda kemudian mendirikan pabrik kapur yang diberi nama Zwavel Ontgining Kawah Putih. Pada saat masa penjajahan Jepang, pabrik inipun diambil alih dan berganti nama menjadi Kawah Putih Kenzanka Yokoya Ciwidey.
Sejak ditemukan oleh Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, kawasan ini pun mulai dikenal luas oleh masyarakat. Dan sejak saat itu, pemerintah mulai mengembangkan kawasan Kawah Putih Ciwidey ini sebagai tempat wisata.

3. Legenda & Mitos Kawah Putih Ciwidey

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tempat wisata Kawah Putih Bandung ini tidak lepas dari cerita legenda dan mitos yang melatarbelakanginya. Konon, dulunya masyarakat setempat meyakini bahwa kawasan ini sangatlah sakral dan memiliki aura mistis yang sangat kuat.
Tak ada burung yang berani terbang di atas kawasan yang dianggap angker ini. Karena setiap burung yang terbang melintasinya pasti akan mati.
Hal ini didasari oleh kepercayaan masyarakat setempat bahwa di puncak gunung terdapat tujuh makam dari para leluhur yang setiap namanya diawali dengan sebutan Eyang. Ketujuh leluhur atau seseput tersebut adalah Eyang Rangsa Sadana, Eyang Jaga Satru, Eyang Camat, Eyang Barabak, Eyang Ngabai, Eyang Baskom, dan Eyang Jambrong.
Saat Dr. Franz Wilhelm Junghuhn tiba di kawasan ini, ia bertanya kepada masyarakat setempat kenapa tidak ada burung yang terbang di atasnya. Mendapat jawaban yang cenderung mistis, ia pun tak percaya begitu saja. Begitu ia berhasil menemukan kawah dengan bau belerang yang menyengat tersebut, alasan kenapa burung tidak ada yang mau terbang di atasnya pun terjawab.
dari semua lagenda dan mitos.  Kawah putih ciwidey tetap terkenal dengan keindahan alam yang luar biasa mempesona.

5 komentar:

  1. Saya udah pernah kesana.. Tapi saya mau kesana lagi... Pemandangan alamnya bikin nagih

    BalasHapus
  2. Kereeeennnnnnnnnnn buanggetttt

    BalasHapus
  3. numpang share ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus