Halaman

Kamis, 11 April 2019

Liburan Ketelaga warna, Telaga saat dan Puncak Pass bogor

Haloooooo guys ,,akhirnya bisa update blog lagi ini, kemaren saya habis liburan didaerah puncak pas. disana ada beberapa telaga tapi yang saya tau cuma ada dua telaga didaerah puncak pass yaitu telaga warna dan telaga saat. nah itu yang ingin saya bahas.. yuk liat pembahasannya.

Telaga Warna

Kawasan Puncak Bogor sudah lama menjadi primadona wisata warga sekitarnya. Terdapat berbagai pilihan tempat wisata istimewa di kota berhawa sejuk tersebut. Salah satu yang pantang dilewatkan adalah Telaga Warna Puncak, yang konon bisa berubah-ubah warna.

Salah satu tempat wisata di bogor yang terkenal dengan legenda dan mitosnya adalah telaga warna puncak Bogor. telaga warna puncak merupakan salah satu tempat wisata di Bogor yang memiliki keindahan dan keeksotisan yang luar biasa walaupun kental dengan legenda dan mitosnya. Namun, hingga saat ini telaga warna puncak masih menjadi favorit dan masih menjadi incaran bagi para wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Telaga Warna Puncak memiliki pemandangan yang sangat indah karena berada di tengah kawasan Cagar Alam Hutan Gunung Mega Mendung dan Gunung Hambalang. Salah satu keunikan obyek wisata ini adalah warna airnya bisa berubah-ubah. Hal ini disebabkan karena pantulan cahaya matahari yang mengenai pepohonan dan menghasilkan gradasi warna.Telaga Warna Puncak sangat cocok untuk traveler yang ingin mencari ketenangan dan kesejukan alam. Selain itu pengunjung bisa berfoto bersama di tepi telaga, maupun mengelilingi danau menggunakan perahu atau rakit sambil merasakan dinginnya air. Di sekeliling telaga terdapat berbagai macam tumbuhan dan binatang dilindungi seperti lutung, kera dan satwa lainnya. Bagi para penyuka tantangan, bisa mencoba berayun di area flying fox.
Lokasi eksotis ini terletak di Jl Desa Tugu, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Sobat traveler yang membawa kendaraan pribadi bisa menggunakan aplikasi Maps untuk mendapatkan petunjuk arah. Sementara mereka yang memilih menggunakan kendaraan umum disarankan berangkat dari arah Bogor. Pilih jurusan ke arah Cipanas dan jangan lupa berpesan ke supir untuk turun Telaga Warna.
Pengunjung lokal di Telaga Warna wajib membayar tiket masuk sebesar 22000 (weekday) plus kita udah bisa masuk keperkebunan dan telaga saat . Sementara bagi turis asing, sebesar tiket dibandrol seharga 100 ribu (weekday ) dan150 ribu (weekend). Objek wisata memukau ini buka mulai pukul delapan pagi hingga lima sore.
Legenda Telaga Warna Puncak
Tempat wisata alam di Bogor yang satu ini memiliki legenda atau mitos yang berkembang di masyarakat. Pasalnya telaga warna puncak ini terbentuk akibat dari kesedihan dari raja dan permaisuri yang hingga kini diyakini berada di sekitar gunung Lemo dan gunung megamendung.
Namun, ada juga legenda yang beredar di masyarakat yang menyebutkan bahwa telaga warna puncak tercipta karena luapan kesedihan dari Prabu Suarnalaya dan Permaisurinya purbamanah atas kelakuan dan perlakuan kasar anaknya bernama putri ayu kencana ungu. Cerita lagenda dari masyrakat inilah yang mendasari keindahan dari telaga warna puncak bogor ini.
Telaga saat 
Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat memang terkenal dengan keindahan alam yang mempesona. Namun perlu diketahui di dataran tinggi ini ada sebuah telaga yang tak kalah indahnya dengan Telaga Warna. Namanya Situ Telaga Saat. Situ yang terletak di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor ini mungkin terdengar asing di telinga Anda. Karena memang belum banyak orang yang mengetahuinya. Hanya sedikit orang yang mengetahui telaga ini.
Padahal situ ini tidak kalah indah dengan situ-situ lainnya yang ada di Bogor. Situ seluas 1.50 hektare ini berada di kawasan Gunung Kencana, letaknya diapit oleh perkebunan teh dan bukit terjal yang ditumbuhi pepohonan tetapi sangat indah dan mempesona . Udara yang sejuk, air yang jernih dan keindahan alamnya, dijamin siapa saja yang datang ke tempat ini bakal terkagum-kagum bila melihatnya. Karena keindahannya, tak heran jika Situ Telaga Saat ini dijuluki surga tersembunyi di kawasan Puncak.
Untuk menuju Situ Telaga Saat ini melewati pos Telaga Warna. Dari pos traveler bisa menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat. Butuh waktu sekitar setengah jam untuk sampai ke telaga tersebut. dengan jalanan yang banyak batu karena belum diaspal dan pastika kendaraan traveller dalam keadaan sangat baik.

Sepanjang perjalanan, mata Anda akan disuguhi pemandangan hijau perkebunan teh di sisi kiri dan kanan jalan serta pemandangan Gunung Gede-Pangrango dan Gunung Kencana. Kemudian Anda akan melewati aliran kali-kali kecil, yang bermuara ke sungai Ciliwung. Karena telaga saat disebut juga sebagai titik nol ciliwung.

Selain situ, di Gunung Kencana juga Anda bisa bercengkerama dengan alam. Karena di atas gunung yang memiliki ketinggian 2.182 mdpl ini Anda bisa berkemah dan melihat matahari terbit sambil memandang Gunung Salak dan Gede Pangrango di waktu pagi hari.

Untuk akses menuju Gunung Kencana, tinggal menyusuri jalan melewati Situ Telaga Saat. Setelah tiba di Kampung LC, Anda tinggal melanjutkan pendakian ke Gunung Kencana dengan memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Baca juga : 

3 komentar:

  1. numpang share ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus